Jumat, 09 Mei 2014

Profil Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang





Sejarah Madrasah Aliyah Al-Fatah
Latar belakang pendirinya Madrasah Aliyah Al-Fatah berawal dari wujud tanggung jawab moral dan akademik IAIN Raden Fatah Palembang sebagai Lembaga Tinggi Perguruan Agama Islam untuk mewujudkan harapan masyarakat agar menyelenggarakan madrasah. Hal ini disambut positif oleh keluarga besar IAIN Raden Fatah dan akhirnya pimpinan IAIN mengeluarkan rekomendasi kepada Fakultas Tarbiyah untuk membentuk tim kecil yang bertugas menyiapkan proses pendiri madrasah.
Untuk merealisasikan hal tersebut, Dekan Fakultas Tarbiyah membentuk tim pendirian dengan surat keputusan nomor X tahun 2000, tertanggal 20 Desember tahun 2000 yang lalu. Dengan dasar surat tugas tersebut, tim kecil yang diketuai oleh Sdr. Jamanuddin, M. Ag segera menyiapkan langkah-langkah konseptual dan teknis operasional yang dianggap perlu.
Alhamdulillah berkat pertolongan Allah SWT madrasah yang diinginkan dapat diwujudkan dengan siswa angkatan pertama berjumlah 65 orang yang berasal dari berbagai daerah di wilayah provinsi Sumatera Selatan. Pada tanggal 4 Agustus 2001 Madrasah Al-Fatah untuk tingkat aliyah dapat diresmikan, yang peresmiannya dilakukan oleh Prof. DR. J. Suyuti Pulungan mewakili Rektor yang berhalangan. Dalam peresmian itu, dihadiri oleh para pejabat di lingkungan IAIN Raden Fatah, Pejabat Depag Kota dan Wilayah, Perwakilan Pemda Tk.1 dan Kota Madya Palembang, Departemen Pendidikan Nasional, Masyarakat dan para siswa bersama walinya.

Visi, Misi, dan Tujuan Madrasah Aliyah Al-Fatah
Pendidikan menengah ini mulanya dinamakan Madrasah Aliyah Labor ( MAL ). Namun dalam perkembangan selanjutnya memulai pembahasan yang panjang, nama madrasah dikukuhkan menjadi “ Madrasah Aliyah Al-Fatah ( MAF ) “. Kata “ Al-Fatah “ digunakan untuk menisbatkan MAF pada IAIN Raden Fatah Palembang. Adapun Visi, Misi dan Tujuan dari MAF ini adalah sebagai berikut :
1.      Visi
Visi Madrasah Aliyah Al-Fatah adalah terwujudnya Madrasah yang Berkualitas
2.      Misi
Misi Madrasah Aliyah Al-Fatah adalah :
a.       Meningkatkan Profesionalitas Guru dan Keterampilan Karyawan
b.      Mengembangkan Komponen Sumber Daya Manusia (SDM) Madrasah
c.       Mengoptimalkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan Administrasi
d.      Meningkatkan Hubungan yang Harmonis secara Internal dan Eksternal
Tujuan
Dengan Visi dan Misi tersebut bertujuan yang diinginkan adalah sebagai berikut :
  1. Peserta didik memiliki dasar-dasar keilmuan dan keterampilan sesuai dengan minat dan bakat yang dapat dikembangkan lebih lanjut baik secara formal maupun informal.
  2. Peserta didik memiliki kekuatan moral yang didasari oleh ajaran-ajaran agama sehingga dapat menjalani kehidupan yang dilandasi akhlakul karimah.

Identitas Madrasah
1. Nama Madrasah                        : Madrasah Aliyah Al-Fatah
2. Alamat                                      : Jl. Prof. K.H. Zainal Abidin Fikri Km. 3,5 Komplek IAIN Raden    Fatah Palembang 30126 Telp : ( 0711 ) 357071
3. Status Madrasah Aliyah            : Terakreditasi B
4. Nomor Statistik Madrasah        : 31267105.156
5. Badan Hukum                           : Yayasan Pembangunan IAIN Raden Fatah Palembang
6. Waktu Belajar                           : Pagi pukul 07.00 s/d 14.00 WIB
7. Kurikulum                                 : KTSP dan Muatan Lokal
8. Nama Kepala Madrasah            : Khoirul Anwar, S. Ag
      9. Pendidikan Terakhir                  : S1 Pendidikan Agama Islam
    10. Email                                         : madrasahaliyahalfatah@yahoo.co.id
                                                              maalfatah1@gmail.com

1 komentar:

  1. Harrah's Resort Southern California Casino & Hotel - Mapyro
    Get directions, reviews and information for Harrah's Resort 세종특별자치 출장샵 Southern 원주 출장마사지 California in Funner, 사천 출장마사지 CA. 광주광역 출장샵 시흥 출장안마 Located on The Spa at Harrah's Rincon Way, this hotel is

    BalasHapus